Sistem Visual Asian Games 2018: Upaya Memetakan Rumusan Konsep Visual yang Digunakan

  • Daru Paramayuga Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten, Indonesia
  • Rezki Gautama Tanrere Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten, Indonesia
Keywords: asian games, desain komunikasi visual, elemen visual, logo

Abstract

Peristiwa olahraga Asian Games tahun 2018 yang diselenggarakan di Indonesia ini mungkin akan mengandung upaya branding di dalamnya, agar peristiwa ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat secara nasional, regional, maupun internasional. Salah satu upayanya adalah melibatkan bidang desain komunikasi visual, untuk berperan dan berkontribusi dalam mengorganisasikan satuan dan elemen-elemen visual yang diproduksinya. Penelitian yang kami lakukan menitik beratkan pada melacak derivat elemen-elemen visual Asian Games 2018 yang bersumber dari logo utamanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, Sean, Noreen Morioka, and Terry Lee Stone. 2006. Logo design workbook: A hands-on guide to creating logos. Beverly, Massachusetts: Rockport Publishers.

Cato, Mac. 2010. Go logo! A handbook to the art of global branding: 12 keys to creating successful global brands. Beverly, Massachusetts: Rockport Publishers.

Deely, John N. 1990. Basics of semiotics (Advances in semiotics). Bloomington: Indiana University Press.

Martin. 2014. "Modular design." https://www.cleverism.com/lexicon/modular-design/.

Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Touslee, J. 2015. "What is site specific art?". https://www.ninedotarts.com/what-is-site-specific-art/.

Webster's New Young American Dictionary. 1995. edited by Inc Merriam-Webster: Smithmark Pub.

Wheeler, A., and D. Millman. 2017. Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. Hoboken, New Jersey: Wiley.

Published
2020-03-09
How to Cite
Paramayuga, D., & Tanrere, R. (2020). Sistem Visual Asian Games 2018: Upaya Memetakan Rumusan Konsep Visual yang Digunakan. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i1.1