Integrasi Teknik 2D Dan 3D dalam Perancangan Film Pendek Animasi 'Connected'

  • Jonathan Alexander Universitas Pelita Harapan
  • Brian Alvin Hananto Universitas Pelita Harapan
Keywords: Jaman Informasi, Perubahan Sosial, Early Childhood Development, Film Animasi Pendek, 2D Stylized, Integrasi

Abstract

Di jaman informasi, manusia mengalami percepatan yang sangat tinggi dalam kemampuan mengakses informasi dan pengetahuan yang menciptakan perubahan sosial yang signifikan, terlebih kepada anak-anak dalam tahap “Early Childhood Development”. Menanggapi isu tersebut, akan dibuat sebuah perancangan film animasi pendek. Perancangan ini dimulai dari skrip, storyboard, concept art, pembuatan aset 3D, melukis latar, sampai animasi 3D dan 2D. Semua proses ini dilakukan berdasarkan studi pustaka serta pengaplikasian berbagai teori visual, dari teori mendasar seperti teori warna, dan prinsip desain, sampai dengan teori lebih rumit seperti Mise-en-Scène dan character depth. Tampilan yang dituju film ini adalah animasi 2D stylized, dimana banyak dilakukan gambar manual secara digital. Namun, untuk mempercepat waktu pengerjaan film animasi 2D yang biasanya memakan waktu yang lama, integrasi alur proses animasi 3 pun diciptakan, dimana bagian animasi karakter dilakukan menggunakan alur animasi 3D. Hal tersebut selain membantu mempercepat proses animasi dan revisi, juga membantu menjaga konsistensi bentuk dan volume karakter yang sangat sulit dicapai oleh animasi 2D.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelinda, Felita Malva, and Elda Franzia. 2020. "Analisis Elemen Visualisasi Budaya Kematian dalam Film Animasi" Coco"." DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media 1 (1): 14-27. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i1.2.

Berman, Alison E., and Jason Dorrier. 2016. Technology Feels Like It’s Accelerating — Because It Actually Is.

Creative_Blog_Staff. 2015. "Pixar's Pete Docter reveals the next big thing in animation." Creative Bloq (blog). June 29. https://www.creativebloq.com/animation/pixar-reveals-next-big-thing-61515173.

Lestari, Putu Ayu Riyanta, and I Ketut Setiawan. 2019. "Adaptasi Cerita Rakyat Jayaprana Dan Layonsari Dalam Bentuk Animasi 2D." Jurnal Nawala Visual 1 (2): 88-94. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.30.

Ramey, Karehka. 2012. Modern Technology Advantages AndDisadvantages. Accessed June 29, 2020.

Sarto, Dan. 2012. "Inside Disney’s New Animated Short 'Paperman'." Animation World Network (blog), Animation World Network. June 29. https://www.awn.com/animationworld/inside-disneys-new-animated-short-paperman.

unicef. 2017. Early childhood development For every child, early moments matter. Accessed June 29, 2020.

Yasa, Gede Pasek Putra Adnyana, Kadek Ayu Satyasusmaya Narpaduhita, and Dewa Gede Purwita. 2019. "Perancangan Film Animasi Pendek 2D Sebagai Media Kampanye Penanganan Anxiety Disorder." Jurnal Bahasa Rupa 2 (2): 146-152. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i2.368.

Published
2020-09-30
How to Cite
Alexander, J., & Hananto, B. A. (2020). Integrasi Teknik 2D Dan 3D dalam Perancangan Film Pendek Animasi ’Connected’. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(2), 137-148. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i2.19