Implementasi Prinsip Multimedia Learning pada E-Book Interaktif “Popout! The Tale Of Peter Rabbit”

  • I Gusti Agung Rangga Lawe Universitas Telkom
  • Dicky Hidayat Universitas Telkom
Keywords: e-book interaktif, multimedia learning, peter rabbit

Abstract

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, beberapa aspek dalam kehidupan manusia berevolusi menjadi serba digital, contohnya buku yang kemudian menjadi e-book. Seiring berjalannya waktu, sekarang e-book tidak hanya berupa buku versi digital yang hanya menampilkan gambar dan teks, tapi juga ditambah unsur interaktivitas yang kemudian disebut sebagai e-book interaktif. Tidak hanya sebagai hiburan, e-book interaktif juga dapat berfungsi sebagai media pembelajaran untuk anak-anak. Agar bisa disebut media pembelajaran, e-book interaktif harus menerapkan prinsip multimedia learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah e-book interaktif “PopOut! The Tale of Peter Rabbit” sudah menerapkan prinsip multimedia learning. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan observasi dan studi literatur, yang kemudian di analisis menggunakan pendekatan analisis konten dengan tahapan description, analysis, interpretation, serta judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh prinsip multimedia learning sudah diterapkan dengan baik pada e-book interaktif “PopOut! The Tale of Peter Rabbit”, sehingga e-book interaktif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran tentang nilai-nilai moral yang ada dalam ceritanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“About Beatrix Potter.” t.t. Peter Rabbit. Diakses 21 Desember 2018. https://www.peterrabbit.com/about-beatrix-potter/.

Astleitner, Hermann. 2004. “Multimedia Elements and Emotional Processes.” E-Journal of Instructional Science and Technology 7 (2).

Brenner, Susan Lynn. 1997. “Storytelling and Story Schema: A Bridge to Listening Comprehension through Retelling.” Ph.D., United States -- Ohio: Ohio University.

Clark, Ruth C., dan Richard E. Mayer. 2011. E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. 3rd Edition. San Francisco, CA: Pfeiffer.

Cope, Bill. 2001. Print and Electronic Text Convergence. Altona, Vic.: Common Ground Pub.

Hidayat, Dicky, dan Mohd Asyiek Bin Mat Desa. 2019. “Representasi Nilai-Nilai Pandangan Hidup Orang Sunda dalam Mobile Apps Kisah Lutung Kasarung (Analisis Semiotika Roland Barthes).” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia) 4 (01): 17–17.

Itzkovitch, Avi. 2012. “Interactive eBook Apps: The Reinvention of Reading and Interactivity | UX Magazine.” 12 April 2012. http://uxmag.com/articles/interactive-ebook-apps-the-reinvention-of-reading-and-interactivity.

Sargeant, Betty. 2015. “What is an ebook? What is a Book App? And Why Should We Care? An Analysis of Contemporary Digital Picture Books.” Children’s Literature in Education 46 (4): 454–66.

Soewardikoen, Didit Widiatmoko. 2013. Metodologi Penelitian Visual Dari Seminar Ke Tugas Akhir. Bandung: Dinamika Komunika.

Sukmana, Adrianus I W. I. Yuda, I. Made Candiasa, dan I Made Kirna. 2013. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berpendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha 3: 207195.

Walker, Caren M., dan Tania Lombrozo. 2017. “Explaining The Moral of The Story.” Cognition, Moral Learning, 167 (Oktober): 266–81.

Yansah, Yansah, Laili Fitri Yeni, dan Reni Marlina. 2016. “Pembuatan Multimedia Interaktif Hasil Inventarisasi Jamur di Hutan Lindung Gunung Selindung pada Materi Jamur.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Journal:eArticle, Universitas Tanjungpura.

Yusuf, A. Muri. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Published
2020-12-26
How to Cite
I Gusti Agung Rangga Lawe, & Dicky Hidayat. (2020). Implementasi Prinsip Multimedia Learning pada E-Book Interaktif “Popout! The Tale Of Peter Rabbit”. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(3), 210-217. https://doi.org/10.38010/dkv.v8i3.22