Tinjauan Visual Kemasan Teh Botol Sosro Edisi Khusus Hut RI ke-75

  • Yana Erlyana Universitas Bunda Mulia
  • Betsymorla Betsymorla Universitas Bunda Mulia
Keywords: kemasan, ilustrasi, budaya, semiotika

Abstract

Ilustrasi sering kali digunakan sebagai salah satu elemen visual dalam perancangan desain kemasan. Bertepatan dengan perayaan HUT ke-75 RI sekaligus ungkapan terima kasih atas kesetiaan konsumen Indonesia, Teh Botol Sosro menyiapkan delapan desain botol khusus. Delapan desain khusus itu menekankan pengunaan ilustrasi pada elemen utama, dimana desain botol menggambarkan keragaman nusantara yang diwakili keunikan delapan daerah, yakni Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teori Roland Barthes untuk menganalisis serta menjabarkan kode-kode budaya/kultural yang terdapat dalam ilustrasi kemasan Teh Botol Sosro edisi khusus HUT RI ke-75. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi pustaka, di mana data data yang dikumpulkan didapat dari berbagai sumber seperti buku, artikel, internet, maupun jurnal yang sudah ada. Hasil penelitian pada kemasan pada kemasan Teh Botol Sosro edisi khusus HUT RI ke-75 ini, dapat dilihat bahwa penggunaan serta pemilihan objek sebagai simbol dalam setiap ilustrasinya sudah cukup baik. Kode-kode budaya yang terdapat dalam setiap ilustrasi dapat membentuk sebuah informasi yang kemudian dapat dicerna dengan baik, terutama karena ilustrasi ini berkaitan dengan kehidupan masyarakat Indonesia, di mana suara-suaranya bersifat kolektif atas dasar persamaan kebangsaan, pengetahuan, budaya, dan sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansaar, Ansaar. 2019. “Makna Simbolik Pakaian Adat Mamasa Di Sulawesi Barat.” Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora 4 (1): 121–35. https://doi.org/10.36869/pjhpish.v4i1.78.

Apriyanti, Masayu Endang. 2018. “Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan.” Sosio E-Kons 10 (1): 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223.

DuPuis, Steven, and John Silva. 2011. Package Design Workbook: The Art and Science of Successful Packaging. MA: Rockport Publishers.

Eiseman, Leatrice. 2017. The Complete Color Harmony, Pantone Edition: Expert Color Information for Professional Results. UK: Rockport Publishers. https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9781107415324A009/type/book_part.

Erlyana, Yana. 2018. “Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’” In National Conference of Creative Industry, 1079–97. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316.

Erlyana, Yana. 2019. “Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model VIEW: Studi Kasus Keripik Maicih.” In Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2:302–8. Denpasar. https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/203.

Erlyana, Yana, and Ressiani Ressiani. 2020. “Perancangan Buku Desain Kemasan ‘Basic of Packaging.’” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 6 (02): 160–72. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3390.

Fauziah, Nur. 2014. “Karakteristik Arsitektur Tradisional Papua.” Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)2 2014, 19–29.

Klimchuk, Marianne R., and Sandra A. Krasovec. 2012. Packaging Design: Successful Product Branding From Concept to Shelf. 2nd ed. New Jersey: Wiley.

Mukaromah. 2016. “Semiotika Kemasan Produk Susu Rasa Coklat Dan Stroberi Pada Merek Indomilk Kids Dan Boneto.” Andharupa 02 (01): 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i01.1052.

Nasri, Rahma Suryaningsih, and Edi Kurniawan. 2017. “Lontar Atau Borassus Flabellifer.” Info Teknis EBONI 14 (1): 35–46.

Piliang, Yasraf A. 2012. Semiotika Dan Hipersemiotika: Gaya, Kode Dan Matinya Makna. Bandung: Matahari.

Rahardja, Anita, and Mita Purbasari. 2019. “WARNA DARI WARISAN SEBAGAI IDENTITAS: MELIHAT TEKSTIL DAN KULINER JAWA.” DeKaVe 11 (1): 1–6. https://doi.org/10.24821/dkv.v11i1.2483.

Szaky, Tom. 2018. The Future of Packaging: From Linear to Circular. Oakland: Berrett-Koehler Publishers.

Taufiqoh, Binti Rohmani, Ita Nurdevi, and Khusniul Khotimah. 2018. “Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia.” Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra, 58–65. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/2220.

Tinarbuko, Sumbo. 2003. “Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual.” Nirmana 5 (1): 31–47.

Ulita, Novena, and Agus Budi Setyawan. 2016. “Strategi Ilustrasi Sebagai Bahasa Visual Pada Kemasan Bedak Lawas: Tinjauan Semiotika.” Dimensi DKV 1 (2): 101–16. https://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/seni/article/view/1355.

Wahyudi, Nanang, and Sonny Satriyono. 2017. Mantra Kemasan Juara. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wardibudaya. 2018. “Seni Topeng Jakarta.” Indesiana Platform Kebudayaan. 2018. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/tarian-topeng-betaw-merupakan-gabungan-antara-seni-tari-musik-dan-nyanyian/.

Widiyowati, Estu. 2016. “Representasi Warna Merah Pada Wayang Golek Si Cepot” 1: 47–64.

Wongso, Livia, and Yana Erlyana. 2019. “Perancangan Light Novel Sitti Nurbaya Dengan Ilustrasi Cat Air” 3: 26–37.

Yan, Zhang. 2019. “Discussion on Significance and Effect of Illustration Art in Graphic Design,” no. Etmhs: 304–6. https://doi.org/10.25236/etmhs.2019.065.

Published
2020-12-26
How to Cite
Erlyana, Y., & Betsymorla, B. (2020). Tinjauan Visual Kemasan Teh Botol Sosro Edisi Khusus Hut RI ke-75. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(3), 173-183. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i3.24