Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterlibatan Audiens dalam Belajar

  • Anggi Almira Rahma institut teknologi bandung
  • Intan Rizky Mutiaz Institut Teknologi Bandung
Keywords: audio visual, learning media, audience engagement

Abstract

Media adalah segala sesuatu, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, yang dapat digunakan untuk mengirim pesan. Media audio visual (A-V) menyampaikan informasi melalui suara dan gambar secara bersamaan. Perkembangan pendidikan saat ini menjadikan penggunaan media A-V menjadi media pembelajaran yang populer karena dianggap dapat meningkatkan minat dan memberikan pemahaman yang lebih baik dalam pembelajaran. Ini berbanding lurus dengan tingkat keterlibatan audiens dalam pembelajaran, semakin kuat keterlibatan audiens, semakin baik pemahaman akan diterima. Metode yang digunakan dalam ulasan artikel ini adalah membandingkan penggunaan tiga media A-V digital (animasi, naratif A-V, dan realitas virtual) sebagai media pembelajaran. Penulis menjelaskan bagaimana setiap media pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan audiens. Berdasarkan penelitian media pembelajaran A-V tersebut, kesimpulannya adalah media A-V dapat meningkatkan tingkat keterlibatan audiens dalam pembelajaran. Keterlibatan audiens dapat melalui pengalaman pengguna, emosi, atau fisik. Semakin interaktif media, semakin banyak elemen audiens akan terlibat dalam pembelajaran. Tujuan dari ulasan artikel ini adalah untuk mengetahui jenis media A-V apa yang paling tepat untuk meningkatkan keterlibatan audiens dan bagaimana media tersebut dapat secara aktif melibatkan audiens dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jensen, Klaus Bruhn. 2015. "Semiotics." International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (Second Edition), edited by James D. Wright, 592-597Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.95033-5.

Johnston, Sandra, Christina N Parker, and Amanda Fox. 2017. "Impact of audio-visual storytelling in simulation learning experiences of undergraduate nursing students." Nurse education today 56: 52-56. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.06.011.

Liagkou, Vasiliki, Dimitrios Salmas, and Chrysostomos Stylios. 2019. "Realizing virtual reality learning environment for industry 4.0." Procedia CIRP 79: 712-717. https://doi.org/10.1016/j.procir.2019.02.025.

Lv, Zhihan, Xiaoming Li, and Wenbin Li. 2017. "Virtual reality geographical interactive scene semantics research for immersive geography learning." Neurocomputing 254: 71-78. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2016.07.078.

McCarthy, Leon. 2016. "Steering Audience Engagement During Audio-Visual Performance." Doctoral Dissertation, Northumbria University. http://nrl.northumbria.ac.uk/31605/.

Oviyanti, Fitri, Syarifah Syarifah, and Vivi Weliyani. 2018. "Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP 1 Patra Mandiri Plaju." Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 10 (2): 193-203. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/513.

Shin, Dong-Hee. 2017. "The role of affordance in the experience of virtual reality learning: Technological and affective affordances in virtual reality." Telematics and Informatics 34 (8): 1826-1836. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.05.013.

Suryantoro. 2015. "Penggunaan Audio Visual untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa SMP Negeri 2 Pakisaji Malang." Jurnal Inspirasi Pendidikan 5 (1): 560-567. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.686.

Published
2020-03-09
How to Cite
Almira Rahma, A., & Mutiaz, I. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterlibatan Audiens dalam Belajar. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(1), 56-63. https://doi.org/10.38010/dkv.v1i1.7