Publication Ethic

Tugas Penulis

Penulis harus mempresentasikan diskusi yang obyektif tentang pentingnya karya penelitian mereka serta detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Penulis juga harus memastikan bahwa karya mereka sepenuhnya orisinal, dan karenanya di mana pun dan kapan pun karya dan / atau kata-kata orang lain digunakan, semua contoh harus diakui secara tepat. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Penulis tidak boleh mengirimkan artikel yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama ke lebih dari satu jurnal. Penulis korespondensi yang harus memastikan bahwa ada konsensus penuh bersama dari semua penulis dalam menyetujui versi akhir naskah dan pengajuannya untuk publikasi. Penulis harus menanyakan kepada pemegang hak cipta asli (biasanya penerbit atau penulis asli), apakah materi ini dapat digunakan kembali atau tidak.

Penjiplakan, pernyataan yang menipu atau tidak akurat yang diketahui merupakan perilaku tidak etis tidak dapat diterima.


Tugas Editor

Para editor mengevaluasi naskah secara eksklusif berdasarkan prestasi akademis mereka. Editor tidak boleh  menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Setiap kali keluhan etis diajukan mengenai naskah yang dikirimkan atau artikel yang diterbitkan, editor harus mengambil tindakan yang wajar untuk memastikan kepatuhan terhadap standar etika penulisan. Informasi dan ide yang dikirim harus dirahasiakan dan tidak dapat digunakan untuk keuntungan atau keuntungan pribadi. Editor harus memberikan keputusan final setelah berdiskusi dengan managing editor, section editor dan reviewer berdasarkan kepatuhan, orisinalitas, dan kualitas artikel. Adalah tugas editor untuk memperbaiki artikel jika permintaan datang dari penulis. Jika perlu, tindakan lain yang sesuai harus diambil pada saat pemrosesan artikel. Editor harus membahas dan mengambil langkah-langkah yang memadai tentang keluhan etis terhadap data dan / atau metodologi yang dipublikasikan. Komunikasi lebih lanjut harus dilakukan dengan penulis korespondensi.

Editor harus mengevaluasi naskah-naskah tersebut di awal tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, kewarganegaraan dll.


Tugas Reviewer

Semua naskah yang diterima untuk direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Setiap reviewer yang ditunjuk dan merasa tidak memenuhi syarat untuk mereview sebuah naskah, atau tidak mungkin melakukan proses review dengan tepat, harus memberi tahu editor dan mundur dari proses review. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan naskah.

Review harus dilakukan secara objektif, dan pengamatan harus dirumuskan dengan jelas dengan argumen yang mendukung sehingga penulis dapat menggunakannya untuk memperbaiki makalah.


Others Core Practices of Publications

Kami benar-benar mencoba untuk mengatur dan mematuhi etika publikasi dan pernyataan malpraktik publikasi oleh Komite Etika Publikasi (COPE). Karena itu, kesesuaian dengan standar perilaku etis diharapkan dari semua pihak yang terlibat: penulis, editor, dan penerbit. Informasi terperinci tentang COPE dan Praktik Inti Publikasi, silakan kunjungi Core Practices of Publications.