Correction and Retractions

Dalam kasus kesalahan serius yang mempengaruhi artikel secara substansi (tetapi tidak sepenuhnya membatalkan hasil) atau secara signifikan merusak pemahaman pembaca atau evaluasi artikel, DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media akan menerbitkan catatan koreksi yang terkait ke artikel yang diterbitkan. Artikel yang diterbitkan tidak akan berubah.

Jika pengelola jurnal menerima keluhan bahwa kontribusi apa pun pada jurnal melanggar hak cipta atau  kekayaan intelektual lainnya atau mengandung ketidakakuratan materi, materi fitnah, atau materi yang melanggar hukum, pengelola jurnal akan menyelidiki keluhan tersebut. Investigasi dapat mencakup permintaan agar para pihak yang terlibat mendukung klaim mereka.

Sesuai dengan "Retraction Guidlines" oleh Komite Etika Publikasi (COPE), DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media akan menarik kembali artikel yang diterbitkan jika:

  1. ada bukti yang jelas bahwa temuan tidak dapat diandalkan, baik sebagai akibat dari kesalahan (mis. pemalsuan data) atau kesalahan jujur (mis. salah perhitungan)

  2. temuan-temuan sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain tanpa referensi silang, izin, atau justifikasi yang tepat (mis. kasus publikasi yang berlebihan)

  3. itu merupakan plagiarisme

  4. laporan penelitian yang tidak etis, dan

  5. Artikel ditarik kembali dengan menerbitkan pemberitahuan penarikan yang terkait dengan atau mengganti artikel yang ditarik itu.

DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media akan berupaya mengidentifikasi dengan jelas artikel yang ditarik kembali. Jika investigasi sedang berlangsung yang mungkin mengakibatkan pencabutan artikel DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media dapat memilih untuk mengingatkan pembaca dengan memberikan informasi terkait artikel tersebut